Home » » Tips memaksimalkan penggunaan google map pada android

Tips memaksimalkan penggunaan google map pada android

Google map adalah salah satu dari sekian banyak produk google, dengan google map kita sekarang dapat mengatahui lokasi suatu daerah atau nama jalan yang sedang kita cari dalam sebuah kota, selain itu banyak fitur-fitur lain yang dapat kita optimalkan.
galaxy young
Berikut tips memaksimalkan penggunaan google map pada perangkat android:
1. Mencari lokasi (menu search)
Sesuai dengan judulnya, sudah pasti produk google ini akan membantu kita untuk mencari lokasi yang kita cari, caranya gampang cukup tekan menu dan pilih “Search”, kemudian tuliskan alamat yang hendak kita cari.
 2. Mengukur jarak lokasi A ke lokasi B (menu directions)
Tekan menu dan pilih “direction”, fungsi fitur ini adalah untuk mengukur jarak antara lokasi “A” dengan lokasi “B” dan estimasi perjalanannya, estimasi perjalanan menggunakan 3 alat kendaraan, yaitu kendaraan pribadi, kendaraan umum (bus, kereta api, dll) dan jalan kaki. Misal kita mengukur jarak dari jalan Mulyorejo ke Jembatan Suramadu, hasilnya jarak antara kedua tempat tersebut adalah 9,8km dan waktu perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi selama 15 menit (waktu perjalanan hanyalah simulasi dan tidak bisa dikatakan tepat)
3. Mencari tempat penting terdekat (menu local)
Dengan fitur ini, kita dapat mencari tempat terdekat untuk restoran, cafe, bar, ATM, SPBU, hotel, taksi, kantor post dan tempat hiburan.
Ads by Google
Misal, jika kita mencari restoran maka secara otomatis kita akan dicarikan restoran yang lokasinya terdekat dengan lokasi kita sekarang, saat nama restoran dibuka maka akan menampilkan detail seperti lokasi pada peta, arah jalan, nomor telepon atau bahkan foto lokasi.
4. Setting tampilan (menu layers)
Pilihan ini digunakan untuk memilih tampilan pada peta, misal jika memilih “Satellite” maka ditampilkan tampilan satelit atau sama seperti pada google earth, sedangkan pilihan “Terrain” akan menampilkan tampilan sangat sederhana berupa jalan dan tanah. Adapun contoh peta yang ditampilkan seperti diatas adalah menggunakan mode “Satelite”.
 5. Tunjukkan lokasi saya sekarang (menu my location)
Digunakan untuk menampilkan lokasi kita pada saat itu juga, adapun tingkat keakuratan tergantung pada jaringan yang kita gunakan, jika menggunakan GPS maka tingkat keakuratannya akan sangat tinggi, jika menggunakan jaringan wifi tingkat keakuratannya masih tinggi, sedangkan jika menggunakan jaringan operator GSM maka tingkat keakurasian hingga 800 meter.
6. Berapa lama di rumah dan di kantor
Dengan adanya fitur ini, kita akan dapat mengetahui berapa lama kita berada di rumah, di kantor dan diluar rumah atau kantor. Caranya cukup mudah, yaitu dengan foto pada lokasi kita sekarang, kemudian akan muncul tampilan putih yang saya beri marking merah seperti pada screenshoot dibawah
tekan tampilan tadi dan akan muncul tampilan seperti berikut,
klik Location history dan akan tampil history berapa lama waktu yang telah kita habiskan baik di kantor atau di rumah.
Sebelum menggunakan fitur terakhir ini, pastikan kita sudah mensetting lokasi rumah dan lokasi kantor, caranya pada saat tampilan seperti diatas kita tekan tombol menu, setelah itu akan muncul pilihan pengaturan lokasi.
Share this article :

3 comments:

  1. lengkap sekali, terimakasih :D

    BalasHapus
  2. layers saya nggak muncul di menu... gimana cara munculinnya?? makasi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. HP nya apa? coba di update dulu aplikasi google map nya

      Hapus

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young| Ganesha Souvenir
Copyright © 2014. Samsung Galaxy Young - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger