Home » , » Test kecepatan internet axis di Surabaya

Test kecepatan internet axis di Surabaya

HP android adalah HP yang membutuhkan akses internet untuk dapat bekerja dengan maksimal. Kini saya akan memberikan hasil test kecepatan internet axis menggunkan paket "Eksis" dengan test di Surabaya. 
Pengujian test kecepatan internet menggunakan aplikasi speedtest, pengujian dilakukan pada tiga waktu yang berbeda, pertama pengujin pada tengah malam, kemudian pengujian pada jam sibuk (jam 7 malam) dan jam tidak sibuk (jam 3 pagi). Dari pengujian tadi dibagi menjadi 2, pengujian menggunakan kecepatan HSDPA dan Edge. Kenapa harus menguji dengan kecepatan Edge? Karena dengan mengunakan kecepatan ini dijamin battery akan lebih awet. Info selengkapnya bisa dibaca disini.
1. Pengujian pada tengah malam dengan kecepatan HSDPA
Pada pengujian ini kami mendapatkan nilai Ping 154ms, Download sebesar 905kbps dan Upload sebesar 240kbps
2. Pengujian pada tengah malam dengan kecepatan Edge
Pada pengujian ini kami mendapatkan nilai Ping 288ms dan 193ms, Download sebesar 149kbps dan Upload sebesar 38kbps.
Bila dibandingkan dengan pengujian dengan kecepatan HSDPA, kecepatan HSDPA hampir 7x dari kecepatan Edge, namun jika dilihat dari besarnya ping rasanya kecepatan Edge sudah cukup cepat untuk membuka situs via HP.
3. Pengujian pada jam sibuk dengan kecepatan Edge
Dengan kecepatan seperti pada screenshot dibawah, memang terlihat adanya penurunan kecepatan download atau upload dan semakin lamanya nilai ping, namun rasanya masih layak dan cukup cepat jika membuka situs menggunakan operamini
4. Pengujian pada jam sibuk dengan kecepatan HSDPA
Terlihat bahwa kecepatan download pada jam sibuk menurun hingga hampir 50% dibandingkan pada jam tengah malam, namun nilai ping semakin cepat dan nilai upload sedikit lebih cepat dibanding jam tengah malam.
5. Pengujian pada jam tidak sibuk dengan kecepatan HSDPA
Ads by Google
Pada pengujian pada jam 3 dini hari terlihat bahwa kecepatan download hampir sama seperti pengujian tengah malam, namun pada test terakhir kami dibuat terkesima, karena kecepatan download menyentuh angka 3216 kbps, 3kali lebih cepat dibandingkan kecepatan pada saat tengah malam, kecepatan download juga menjadi lebih cepat. Walaupun begitu, nilai ping menjadi lebih lambat seperti saat menggunakan kecepatan Edge.
6. Pengujian pada jam tidak sibuk dengan kecepatan Edge
Dalam 2 kali pengujian, kecepatan Edge hanya mencapai 138 kbps dan 165 kbps.
Dari pengujian diatas dapat diambil kesimpulan bahwa kecepatan HSDPA dapat berubah-ubah tergantung pada jam penggunaan. Kecepatan HSDPA memang sangat cepat namun membuat battery cepat habis, sedangkan jika menggunakan kecepatan Edge terlihat bahwa kecepatan download dan upload terlihat cukup stabil pada saat pengujian. Jadi jika anda membutuhkan kecepatan kencang dan tidak berada diluar (dekat dengan charger) sebaiknya menggunakan jaringan HSDPA namun sebaliknya jika anda menginginkan battery lebih awet dan hanya menggunakan internet melalui operamini rasanya kecepatan Edge sudah lebih dari cukup.


Note: Kecepatan internet dapat berbeda dengan pengujian diatas tergantung pada lokasi dan waktu pengujian.
Share this article :

0 comments:

Posting Komentar

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young| Ganesha Souvenir
Copyright © 2014. Samsung Galaxy Young - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger